Tuesday, May 3, 2011

Sinetron dalam industri media komunikasi

Dalam pembahasan minggu ini hal yang paling  menarik adalah bagaimana rating suatu acara televisi dapat mempengaruhi jumlah iklan yang dipasang tidak peduli apakah acara nya mempunyai makna yang baik atau malah yang kurang mendidik.


Contohnya sinetron Indonesia merupakan acara yang kurang mempunyai makna dan hanya untuk hiburan saja, nah acara yang seperti ini justru menjadi acara yang mengisi hampir seluruh layar TV di waktu prime time.
mengapa saya mengatakan bahwa sinetron hanya untuk hiburan saja karena :



  • Sinetron Indonesia hiperbolis dan terlalu amat melebih-lebihkan.

  • Sinetron Indonesia kerap menjiplak karya drama sejenis dari luar negeri.

  • Sinetron Indonesia menggunakan materi yang memiliki efek buruk terhadap anak-anak di bawah umur.

  • Sinetron Indonesia memiliki arah cerita yang amat fleksibel agar sinetron dapat terus tayang di televisi walaupun cerita sudah amat tak terarah dan terkesan dipanjang-panjangkan.

    Menurut saya penggemar televisi Indonesia memang menyukai hal-hal yang hiperbolis, berlebihan, dan dramatis. Di sisi lain penggemar televisi Indonesia tidak terlalu peduli terhadap dampak buruk sinetron terhadap perkembangan mental anak-anak bangsa.

    Nah.... apakah anda sependapat???
  • No comments:

    Post a Comment